Usaha Modal Kecil Budidaya Ikan Hias Air Tawar Santa Claus Hasilkan Jutaan Rupiah Perminggu

kita pernah kirim expor ke luar negri dan allhamdulillah untuk penghasilan sendiri satu minggu itu bisa menghasilkan satu sampai dua juta perminggu untuk penghasilan ternak ikan jenis platy pedang atau santa claus ass..wr..wb..rekan paguyuban awirarangan semuanya terimakasih kalian sudah kembali menyaksikan video kami dan di sesi kali ini kita akan membahas kegiatan dari rekan paguyuban awirarangan sendiri yang memang salah satu usahanya bergerak di bidang budidaya ikan hias.. dan untuk tema kali ini adalah usaha modal kecil budidaya ikan hias air tawar jenis santa claus atau platy pedang yang mampu hasilkan jutaan rupiah tiap minggunya.. buat kalian yang mau.. tau cara-caranya seperti apa.. atau.. buat kalian yang mau coba usaha ini di rumah silahkan.. simak terus videonya tapi sebelum kalian menyimak lebih jauh video ini ada baiknya..

Dukung terus channel kami.. dengan cara klik tombol like kemudian subscribe dan jangan lupa logo loncengnya di tekan juga serta silahkan bagikan video ini jika menurut kalian.. ini bermanfaat.. dan buat kalian.. yang kurang paham atau mau tanya-tanya silahkan.. tulis di kolom komentar baik langsung kita mulai saja.. dalam.. budidaya ikan hias sendiri seenarnya bisa di katakan usaha yang gampang-gampang susah.. karena memang.. disini kita di tuntut untuk teliti & telaten dalam mengurus ikan.. tapi di balik itu semua ternyata..

Ada dua faktor yang harus kalian benar-benar.. pahami.. disini ada dua faktor yang pertama.. adalah modal & yang ke dua adalah skill dan untuk modal sendiri sebenarnya bukan.. berarti kita harus punya modal besar atau modal yang.. tinggi ya.. tapi disini kami sarankan untuk modal seadanya saja kemudian untuk skill.. disini skill yang harus kalian gali adalah skill dalam.. memahami karakter ikan dari mulai.. pertumbuhan sampai penyakit & media-medianya kalian bisa dapatkan skill ini melalui.. shareing atau banyak shareing bersama para.. senior-senior peternak ikan hias.. maupun dari youtube karena sekarang sudah mudah tapi modal & skill ini adalah.. modal utamanya.. karena jangan sampai modal & skill ini tidak seimbang karena memang harus seimbang jika tidak seimbang nanti.. ketika kita punya modal besar tapi tidak punya skill.. itu hsailnya akan sia-sia.. begitupun sebaliknya.. ketika kita punya.. skill tapi kita kurang modal itu.. sama.. hasilnya akan sia-sia dalam.. ternak ikan hias.. ok langsung kita mulai untuk tahapan dari.. budidaya ikan hias jenis platy pedang atau santa clausnya..

Disini yang harus.. di perhatikan adalah media bisa kalian lihat media disini kita memakai.. media kolam terpal, ukurannya hampir rata.. satu setengah meter x tiga meter.. dan ini cukup lumayan banyak.. dan buat kalian yang memang minim lahan.. atau minim modal mau mencoba silahkan.. kalian bisa menggunakan.. penampungan air kecil terlebih dahulu.. disini kami sarankan memakai.. box.. lemari es bekas yang bisa kalian dapatkan.. di tempat service terdekat biasanya ada.. bekas service lemari es.. disini memang kita hampir memakai..

Kolam terpal semua.. itupun dulunya tidak seperti ini.. kita juga merintis dari kecil.. setelah.. paham modal mulai berkembang.. skill juga mulai berkembang.. lalu kita coba ke.. media yang lebih besar.. yaitu kolam.. terpal seperti ini.. kemudian untuk media yang di pakai dalam.. budidaya santa claus sendiri yang ke dua adalah.. ember.. bekas.. ini bekas cat ukuran 1 kg ini gunanya untuk.. memisahkan antara.. atau.. tempat melahirkan indukan dengan rayakan.. ini ember cat.. bisa kalian dapatkan.. juga di tempat-tempat rongsokan jika tidak ada.. solusinya kalian bisa pakai.. aqua botol yang ukuran satu.. liter atau dua liter yang atasnya di potong itu sama saja kemudian untuk budidaya.. ikan hias sendiri hal yang paling penting..

Harus kalian.. pahami adalah air.. karena ikan itu semuanya.. hidup di air jadi kalian harus benar-benar.. paham karakter air.. air yang bagus untuk budidaya.. ikan hias sendiri sebenarnya cukup mudah.. disini kita sarankan.. air untuk.. memelihara ikan itu di endapkan dahulu setekah kolam kita isi dengan debit air yang.. semestinya tidak terlalu banyak atau tidak terlalu sedikit.. juga sirkulasi pembuangannya bagus air disini harus di endapkan kurang lebih tiga hari.. tiga malam ya.. agar PH dari.. air tersebut normal atau zat asamnya normal jangan sampai ikan..

Di kasih.. air langsung yang belum di endapkan itu sangat berbahaya.. jadi airnya di endapkan dahulu baru di kasih ikan.. kurang lebih di endapkan nya tiga hari kemudian yang harus kalian perhatikan sebelum ternak.. adalah obat-obatan.. obat untuk.. antisipasi.. ikan sakit atau.. kendala lain.. yang berurusan dengan obat kalian harus siapkan juga biasanya disini.. kita pakai obat air biru.. yang bisa kita dapatkan di toko terdekat.. kemudian kita biasanya menggunakan.. garam untuk ternak ikan.. itu ada di toko terdekat yang.. berkaitan dengan budiaya ikan hias.. dan juga daun ketapang untuk rendaman.. air yang di kasih rendaman air ketapang itu sangat bagus.. dan selanjutnya adalah pakan.. sebelum kalian memutuskan untuk ternak ikan hias.. disini yang harus kalian pahami adalah pakan dan untuk pakan dari ikan platy pedang..

Atau santa claus ini sangat mudah.. disini kita hanya perlu.. memberi pakan berupa.. cacing sutra ya.. cacing sutra atau pelet bisa juga.. tapi lebih bagus menggunakan pakan cacing sutra karena cacing sutra ini protein nya sangat tinggi sekali.. sangat bagus untuk pertumbuhan ikan kemudian.. yang harus kalian perhatikan juga adalah aksesoris.. sebelum ternak ikan ini.. kalian harus.. paham kebutuhan apa saja yang di butuhkan seperti serokan atau saringan.. kemudian tempat wadah untuk.. penyortiran itu harus.. di pertimbangkan ya.. ok.. kemudian kalau kalian sudah paham.. beberapa media.. budidaya ikan tadi.. kita lanjut ke tahap pemilihan indukan dari.. platy pedang atau santa claus baik seperti yang bisa kalian lihat ini adalah indukan dari.. ikan hias platy pedang atau santa claus disini yang harus kalian perhatikan adalah perbedaan.. antara indukan betina dan pejantan untuk indukan betina sendiri disini memliki postur..

Tubuh yang cukup besar.. atau gendut dengan sirip belakngnya itu normal dan di dekat lubang pembuangan.. kotorannya itu terlihat.. gendut dan dan ada titik merah dan sangat jauh berbeda dengan pejantan seperti yang bisa kalian lihat ini adalah.. pejantan dari ikan hias santa claus ciri-ciri dari pejantan ikan hias santa claus ini sangat.. bisa di bedakan dengan betinanya cirinya pejantan ini memiliki postur tubuh.. yang ramping tapi dengan postur tubuh.. yang memanjang & dari sirip belakannya pun.. bisa kalian lihat jelas bahwa.. pejantan dari santa claus ini memiliki.. memanjang seperti pedang kemudian untuk umur yang bagus.. untuk di jadikan indukan ini adalah.. umur yang sudah memasuki lima sampai enam bulan..itu baru.. bagus untuk di jadikan indukan karena saat umur seperti itu keagresifan birahi.. pejantan & betina ikan sudah memuncak dan yang pasti bisa menghasilkan.. genetik yang bagus dan juga.. karena postur tubuhnya sudah besar.. bisa menghasilkan rayakan yang banyak baik.. untuk proses selanjutnya kita langsung ke.. proses pemijahan atau perkawinan di proses kali ini di proses pemijahan atau perkawinan ikan..

disini perbandingannya 5:1 artinya.. lima ekor betina.. dan satu pejantan disni kita biasa memijahkan atau mengawinkan ikan ini.. di kolam yang berukuran.. 1.5 meter x 3 meter dengan.. kapasitas ikan totalnya.. 150 sampai 200 ekor dan perbandingannya 5:1 ya 5 betina & 1 untuk pejantan kemudian untuk waktu perkawinannya sendiri.. kurang lebih 1 minggu sampai.. 2 atau 3 minggu ya ini tidak terhingga.. karena ikan ini di kawinkan secara koloni.. atau masal jadi kita harus cek tiap hari.. semenjak ikan ini di gabungkan kita bisa membedakan juga antara ikan yang sudah.. mengandung anak atau rayakan dengan yang belum.. ciri-cirinya adalah.. ikan yang sudah mengandung itu mempunyai.. postur tubuh betinanya lebih besar.. dengan ciri dekat lubang pembuangannya itu.. sudah memerah dan terlihat di dalamnya ada.. seperti telur.. dan nanti tinggal kita pisahkan ke tempat yang.. semestinya untuk di sortir kemudian untuk pakannya sendiri saat proses.. perkawinan seperti ini adalah kita memakai.. cacing sutra karena memang.. cacing sutra lah.. bagi kami yang terbaik untuk proses.. dari peternakan ikan hias kemudian untuk kapasitasnya disini..

Bisa kalian sesuaikan.. antara debit air dengan.. kapasitas.. total jumlah ikannya jika total lebih kecil bisa kalian bandingkan juga ya bisa kalian kurangi kemudian jika sudah seperti ini.. biasanya.. ikan akan terus masuk tahap perkawinan.. jika sudah melahirkan bisa langsung di satukan kembali disini untuk di kawinkan kembali.. ok baik.. kemudian kita masuk ke tahap media melahirkan atau penetasan.. disini kita memakai wadah ember.. ember.. cat bekas ukuran 1 kg dengan debit air yang.. seadanya atau sedang.. ikan ini di pisahkan satu-satu di sortir.. dari kolam pemijahan atau perkawinan jadi kita cek terlebih dahulu.. ikan betinanya.. yang mana yang.. yang mengandung..

Yang mana yang belum, itu cirinya sangat jelas ya.. dan proses ini memakan waktu kurang lebih.. 2 sampai 4 hari.. biasanya si ikan akan.. mengeluarkan anaknya.. dan disini ikan platy pedang.. atau santa claus ini.. system melahirkannya tidak melalui telur.. jadi dia murni melahirkan.. jadi tidak.. bertelur dan sangat mudah di kembang biakan.. kemudian untuk pakan sendiri saat posisi seperti ini.. di dalam.. ember cat bekas ini.. ikan di pisah satu-satu kemudian.. di kasih pakan juga saat proses seperti ini.. tapi secukupnya takutnya si pakan.. mati malah menjadi racun bagi si ikan dan untuk hasil dari 1 indukan itu.. bisa mencapai 100 sampai 150 ekor rayakan jadi bisa kalian bayangkan jika kita punya indukan yang banyak tentu hasilnya akan sangat banyak.. karena memang ikan ini sangat mudah di.. kembang biakan dan kebutuhan pasarnya pun cukup tinggi kemudian untuk perawatannya sendiri disini.. kita saat proses seperti ini.. ikan di dalam ember cat ini kita tutup dengan..

terpal / triplex atasnya.. yang penting bisa tertutup.. ini pungsinya untuk menjaga bahwa ikan ini agresif jadi jangan sampai loncat.. jadi kita harus tutup.. kemudian bisa kalian lihat disini.. rayakannya ada yang sudah keluar & ada yang belum.. jika sudah seperti ini ikan sudah bisa.. kita pisahkan dari indukan.. caranya rayakan di pisahkan.. ke kolam rayakan & si indukan.. bisa di satukan kembali di kolam.. pemijahan atau perkawinan.. baik seperti yang bisa kalian lihat ini adalah.. kolam rayakan yang baru menetas.. sekita umur 3 / 4 hari yang baru di pisah.. dengan indukan.. kolam disini yang harus di perhatikan adalah debit air.. kita disini memakai debit air sedang saja.. dengan.. sirkulasi / pentilasi air yang bagus.. karena kita kolamnya berada di luar ruangan.. jadi saat hujan turun.. kemungkinan tidak banjir.. atau bisa di tutup.. kemudian hal yang harus di perhatikan juga saat.. mengurus rayakan seperti ini adalah.. perhatikan penyakit yang menyerang rayakan biasanya rayakan saat umur seperti ini.. sangat rentan dengan penyakit.. oleh sebab itu kita harus siapkan obat-obatan untuk mencegahnya.. obat yang pertama disini biasanya kita menggunakan.. garam ya..

Garam untuk budidaya ikan hias itu ada di toko-toko ikan hias kita taburi garam gunanya untuk.. agar kolam tidak tumbuh lumut atau bakteri jahat tapi jangan terlalu banyak.. kemudian.. di airnya sendiri kita rendam langsung.. memakai daun ketapang kering itu sangat bagus untuk.. air budidaya ikan hias dan kemudian di kolamnya sendiri kita.. usahakan berikan tumbuhan-tumbuhan hidup seperti eceng gondok atau kapu-kapu itu gunanya untuk ikan agar bisa bersembunyi.. dari pemangsa maupun dari terik matahari kemudian untuk pakannya sendiri kita.. pakan rayakan 3 sampai 4 hari seperti ini..

kita langsung kasih pakan dengan cacing sutra.. tapi jangan terlalu banyak karena takut cacingnya mati.. malah menjadi racun bagi si ikan.. umum bagusnya rayakan seperti ini.. ukuran seperti ini itu mengkonsumsi.. kutu air ya.. atau artemia..tapi.. karena rayakan kita sangat banyak jadi.. cukup ke teter juga ya.. saat memberi pakan menggunakan artemia / kutu air jadi sengaja kita langsung pakai.. cacing sutra.. dan kemudian untuk.. perbedaanya sendiri inikan banyak kolam.. jadi trik kita disini adalah.. kita membedakan waktu untuk memijahkan rayakan.. contohnya kita kasih waktu satu minggu.. atau kita jeda satu minggu satu kolam.. agar saat panen nanti sirkulasinya memutar untuk keuangan kita.. jadi kita bisa panen setiap 1 minggu sekali.. seperti contohnya disini ini adalah kolam
yang.. minggu kemarin di isi dan sekarang.. kolam ini yang akan di isi oleh rayakan.. untuk rayakan sendiri memang.. ikan ini sangat.. cepat berkembang biak karena 1 ekor saja.. 1 ekor indukan itu bisa menghasilkan rayakan 100 sampai 150 ekor rayakan jadi kita akan berpenghasilan setiap minggu jika di atur dari rayakanya..

Kemudian untuk hama nya sendiri disini.. hama atau penyakit dari ikan hias itu hampir sama umumnya itu jamur ya.. jamur kemudian tikus.. anak capung,kodok,burung & ular juga sering ya.. tapi umumnya kita cegah dengan obat-obatan.. yang sudah kita siapkan, kemudian penanggulangannya.. setiap malah hari kita tutup kolam dengan terpal.. supaya.. para pemangsa.. atau penyakit itu tidak bisa masuk ke kolam.. dan untuk.. selanjutnya adalah proses pemanenan ikan.. dimana proses ini adalah proses puncak.. akhir dari usaha kita ternak ikan.. dan proses ini adalah proses jawaban dari.. perjalanan kita ternak ikan. disitu di tuntut ke seriusan dan ke telatenan..

dan di panen inilah bukti nyatanya apakah berhasil atau tidak.. karena dalam berbudidaya ikan hias itu.. kita memang harus sangat.. mementingkan kondisi ikan.. jangan sampai ikannya kelaparan atau.. terkena penyakit terus di biarkan.. atau kurang pengurusan jadi.. ikan sendiri adalah mahluk hidup jadi kita harus.. seimbang kita harus menjaga.. ikan tetap dalam kondisi maximal proses panen seperti ini kita bisa panen.. satu minggu satau kali untuk satu kolam.. dengan rayakan satu kolam itu biasa kita.. isi dengan.. 2000 sampai 3000 / 4000 ekor rayakan itu bisa panen 1 minggu satu kali.. itu pun harus di sortir karena kita.. mengambil ukuran yang.. sesuai dengan permintaan konsumen.. dan di panen ini ukuran yang sering.. di pinta oleh konsumen yang harus di panen itu.. umur 1.5 bulan sampai 2 / 3 bulan.. baru bisa di jual ke konsumen.. tergantung dari pemesanan konsumen.. untuk harga sendiri relatif berbeda-beda.. kita mengikuti ukuran ukuan besaran ikan maupun.. ukuran harga di pasaran..

Umumnya kisaran harga.. Rp.700 sampai 2000 per ekor itu untuk satu ekor ikan hias santa claus dan untuk konsumen sendiri kita cukup banyak.. karena memang ikan ini unik dari segi warna.. dan dari harga tidak terlalu mahal jadi.. di pasaran itu cepat laris.. sampai saat ini kita belum mampu.. kebutuhan pasar yang sangat besar.. dengan harga yang cukup bagus menurut kami.. untuk konsumen kita mulai dari kios-kios.. sampai dengan pengefull dari petani ikan.. sampai ke pengiriman juga karena kita juga jual online.. untuk wilayah yang dekat.. kemudia untuk exportir juga pernah.. mengirim ya.. kita pernah kirim expor ke luar negri..

dan allhamdulillah untuk penghasilan sendiri.. kita satu minggu itu bisa menghasilkan.. satu sampai dua juta perminggu.. untuk penghasilan ternak ikan.. jenis platy pedang atau santa claus.. itupun harus dengan ke telitian & ke telatenan yang luar biasa.. meskipun dengan modal kecil kita.. tetap harus dengan skill yang besar.. dan mungkin itu saja.. yang bisa kami sampaikan disini.. kami paguyuban awirarangan memang.. real ya.. ada yang memang anggota kami usahanya di budidaya ikan hias..

di komunitas FERMATA SETU FARM.. yaitu komunitas pecinta / petani ikan hias wilayah.. kecamatan setu kabupaten bekasi dimana permata setu farm ini adalah.. grup petani ikan hias yang sudah.. mendapatkan legalitas dari pemda kabupaten bekasi.. jadi jangan khawatir buat kalian yang mau.. tanya-tanya mau main ke tempat kami atau mau belajar ternak.. maupun mau belanja.. ikan hiasnya untuk.. kebutuhan di rumah maupun kios.. silahkan mampir ke alamat yang.. sudah kami tulis di deskrifsi di bawah video ini.. silahkan hubungi juga disitu ada no handphone kita.. beserta alamat dan.. mungkin itu saja.. semoga video ini bermanfaat buat rekan rekan di luar sana akhir kata wb..wss..wb.. .

You May Also Like