5 Pertimbangan Sebelum Anda Membeli Sepeda Baru

Bersepeda menjadi hobi dan aktifitas baru yang saat ini digandrungi masyarakat, terlebih di era pandemi Covid-19 yang banyak melumpuhkan aktivitas normal masyarakat di beberapa tahun belakang. Khusus untuk kegiatan olahraga, banyak orang yang rela mengeluarkan uang untuk membeli sepeda baru.

Bersepeda bukan hanya olahraga yang sesuai dengan protokol kesehatan, tapi juga alat transportasi yang praktis. Apalagi dengan pesatnya perkembangan transportasi umum di kota-kota besar, sepeda menjadi pilihan aktivitas masyarakat.

Tren yang berkembang ini memungkinkan berbagai merek dan produsen sepeda menawarkan berbagai model dan penawaran yang menarik. Sebagai calon pembeli sepeda, Anda harus tahu apa yang harus dibeli.

Jangan tergiur dengan berbagai model atau harga sepeda murah. Perhatikan juga berbagai model sepeda dan berbagai detailnya, agar tidak menyesal saat membelinya.

Agar sepeda yang Anda beli dapat memenuhi kebutuhan Anda, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli sepeda:

1. Digunakan dimana?

Ini adalah hal pertama yang harus dipertimbangkan. Menggunakan sepeda untuk keperluan apa dan kemana? Di jalan-jalan kota atau area tanah berkontur. Membeli sepeda yang tepat tentu akan membuat berkendara lebih nyaman.

Jika ingin digunakan untuk aktivitas jalan raya bisa menggunakan sepeda lipat atau folding bike, namun jika ingin mobilitas cepat, sepeda balap juga menjadi pilihan yang baik.

Jika kontur sekitarnya adalah tanah atau pegunungan, kerikil sepeda gunung juga lebih cocok.

2. Untuk Keperluan Apa?

Penting juga untuk menentukan sepeda mana yang tepat untuk Anda. Jika hanya untuk hiburan, maka sepeda lipat, sepeda hybrid, dan city bike sepertinya cocok untuk keperluan ini.

Jika Anda ingin berolahraga, road bike juga merupakan pilihan yang baik. Jika Anda menyukai rintangan dan ingin menjelajah alam bebas, pilihlah sepeda gunung atau Gravel Bike yang cocok untuk segala medan.

Jika digunakan untuk aktivitas sehari-hari seperti bekerja atau sekolah, city bike menjadi pilihan. Anda juga bisa menggunakan model sepeda listrik, sehingga tidak perlu menginjak pedal saat lelah.

3. Kenyamanan

Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah kenyamanan. Misalnya, pegangan atau setang mana yang terbaik untuk Anda. Anda perlu mengetahui beberapa jenis setang sepeda, seperti city bike, BMX, atau Flatbar yang saat ini sedang populer di kalangan pengguna sepeda baru.

Jangan lupa perhatikan bentuk jok atau sadel sepeda, karena setiap jenis sepeda berbeda-beda. Ada sadel khusus balap, sepeda gunung, Gel, atau cutaways.

4. Dana

Tentu saja, dana yang terbatas membuat pilihan Anda semakin sedikit. Apalagi dengan semakin tingginya minat masyarakat untuk membeli sepeda, maka di tahun ini harga beberapa merek ternama akan naik, namun ada juga yang harganya murah.

Tentu harga akan mempengaruhi kualitas. Jika ingin kualitas bagus, setidaknya harus menyiapkan dana lebih.

Kisaran harga beberapa sepeda antara Rp1.500.000 hingga Rp4.000.000, untuk level menengah kisaran harga 5juta hingga 9juta, atau 10 juta ke atas.

5. Membeli di mana?

Anda juga harus perhatikan tempat membeli sepeda. Apakah toko tersebut terpercaya dan memberikan berbagai kemudahan. Saat ini semakin banyak toko yang menjual sepeda secara online, namun demi keamanan, Anda bisa memilih untuk membeli sepeda langsung di toko tersebut agar kita bisa langsung menguji sepeda baru yang ingin kita beli.

Nah itulah 5 pertimbangan yang bisa Anda gunakan saat akan membeli sepeda baru. Pastikan kebutuhan Anda dalam bersepeda terpenuhi dan sesuai dengan dana yang Anda miliki.
Next Post

No more post

You May Also Like